Laptop

3 Tips Dalam Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Penghujung tahun telah di depan mata. Momen ini tidak sedikit ditunggu-tunggu oleh tidak sedikit orang guna berlibur menghilangkan penat dari kegiatan mereka sehari-hari, apalagi bila menggunakan mobil pribadi ekonomis semisal harga daihatsu sigra. Tak terkecuali insan ibukota yang ingin memilih luar kota sebagai lokasi menjernihkan benak dari kepadatan dan kegiatan megapolitan yang tak pernah tidur. Tentunya suara pantai, udara sejuk dari pegunungan, dan aneka hiburan dari objek wisata tertentu mulai terhirup menjelang liburan.

Pasti kita sedang memikir-mikir, kemana ya cuti akhir tahun ini? atau justeru sudah mempersiapkan pergi bareng teman-teman? Di samping tujuan, Anda tentunya akan menimbang-nimbang, moda transportasi apa yang tepat dipakai untuk pergi berlibur ke luar kota. Apakah memakai bus, kereta, pesawat, atau bawa mobil sendiri aja biar gampang ke mana-mana ketika sudah hingga di objek tujuan.

Memang membawa mobil pribadi menjadi salah satu pilihan terbaik guna pergi berlibur. Misalnya, dari Jakarta hendak berlibur ke Pangandaran dengan jarak tempuh selama 7-9 jam. Sesampainya di pantai sana, pastinya Anda tidak bakal repot lagi guna jalan kemana-mana; dari penginapan ke objek wisata, hendak mengitari wilayah sekitar, atau sebagainya. Namun ternyata ada sejumlah hal yang mesti diacuhkan jika hendak berlibur ke luar kota dengan mobil pribadi. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Cek Kesehatan Kendaraan

Hal kesatu yang mesti diperhatikan ialah kesiapan mobil guna melaju jarak jauh. Kesehatan mobil mesti paling diperhatikan, misalnya situasi mesin, rem, oli, aki, shock breaker, ban, lampu-lampu dan spare part lainnya. Apakah mereka tetap dalam suasana prima atau tidak. Karena bila tidak, urusan ini akan berdampak fatal pada perjalanan. Ada baiknya, sebelum pergi, kerjakan servis terlebih dahulu kendaraan yang bakal dibawa melancong.

Lalu bagaimana dengan mobil rental? Untuk Anda yang berencana akan mencarter mobil, lebih baik katakan untuk pemilik rental bahwa mobilnya bakal dibawa guna perjalanan jauh, mintalah mobil dengan suasana prima. Tentunya empunya sewaan mobil pun tidak hendak asetnya kenapa-kenapa dengan menyewakan mobil tidak prima guna perjalanan jauh.

2. Pastikan Muatan Tidak Melebihi Kapasitas

Dengan siapa Anda bakal berlibur? Dengan rekan atau dengan keluarga? Berapa penumpang yang akan dibawa berlibur? Ini penting dianggarkan karena mobil guna perjalanan jauh tidak boleh sampai melebihi kapasitas muatan supaya aman sekitar perjalanan. Jangan hingga mobil sedan dengan kapasitas lima orang dipenuhi 6-7 orang. Padahal idealnya 4-5 orang. Belum lagi barang bawaan. Sedangkan guna jenis mobil minibus, idealnya 7-8 orang.

Ini dilaksanakan juga guna kenyamanan kita dan rekan seperjalanan di mobil. Di samping berdesak-desakan dan sumpek sebab penumpang beserta barang bawaannya di mobil, keunggulan muatan pun bisa berdampak buruk pada laju kendaraan. Mobil dengan keunggulan muatan bakal berjalan tidak stabil sebab suspensi dan ban menerima beban berlebihan akibatnya kerja komponen itu menjadi tidak maksimal.

3. Perhatikan Medan Jalanan

Ini sehubungan dengan wilayah tujuan wisata. Apakah Anda bakal berlibur ke wilayah pantai, pegunungan, atau melulu sekadar mengembara lika-liku kota orang. Misalnya, Anda bakal pergi ke puncak, Bogor, berarti medan jalanan mengarah ke ke sana didominasi jalan menanjak dan menurun guna jalan pulangnya.

Jika melulu sekadar hendak berputar-putar mencari kota Bandung, minimal Anda hafal jalan, tahu kapan belok sampai-sampai tidak menyenggol separator jalan atau tiang yang tak bersalah. Terlebih tidak sedikit jalan satu arah di sana.